Senin, 14 Maret 2016

#NgertiBatik Belajar Membatik di Kampung Batik Laweyan

Pada hari Sabtu, 12 Maret 2016, #NgertiBatik melakukan langkah aksi proyek pancasila yang ketiga yaitu belajar membatik di salah satu perusahaan batik di Kampung Batik Laweyan. 
 

Di tempat ini kami belajar cara membatik mulai dari tahap pertama yaitu pembuatan pola dengan mengambar manual pada kain. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembatikan dengan malam atau lilin batik, kami menggunakan teknik pembatikan tradisional yaitu dengan menggunakan canting tulis. Lilin batik ini harus menutupi semua pola agar pada proses pewarnaan, warna tidak menutupi pola yang telah dibuat. 

Proses Pembuatan Pola

Proses Pembatikan
Masuk pada proses pewarnaan, kain yang telah dibatik kemudian dicelupkan pada cairan pewarna. Kain yang telah memiliki latar warna ini kemudian dicelupkan dalam cairan HCl guna mengikat warna agar lebih tahan lama. Setelah proses pewarnaan, dilakukan proses pelorodan atau proses pelepasan seluruh lilin batik pada kain. Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan kain ke dalam air panas sehingga lilin meleleh dan terlepas dari kain. Setelah itu, masuk pada proses terakhir yaitu proses pengeringan. kain yang telah kering dan sudah memiliki pola ini, kemudian bisa dibawa pulang.

Proses Pewarnaan Kain
Proses Pelorodan
Proses Pengeringan

Hasil Belajar Batik

0 komentar :

Posting Komentar