Selasa, 12 April 2016

#NgertiBatik Mengenal Batik Pekalongan

Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Setiap batik mempunyai corak dan ciri khas yang berbeda, ciri khas batik Pekalongan berlatar warna cerah mencolok dan motif batik kecil-kecil dengan jarak yang rapat. Berikut beberapa motif batik Pekalongan:


1. Batik Jlamprang
Batik jlamprang merupakan motif  ciri khas kota Pekalongan. Bentuk pemakaian kain batik ini secara sakral menyimbolkan bahwa batik jlamprang merupakan media untuk menghubungkan dunia manusia dan dunia dewa karena bentuk motifnya mempunyai simbol mistis yang bisa diterima oleh dunia Hyang yang menjadi dunia Den Anyu Lanjar. Meski dulu batik jlamprang disakralkan untuk upacara mistis, kini batik ini bisa dipakai kapan saja tanpa ada sentuhan mistis di baliknya

2. Batik Liong

Pada zaman dahulu, banyak etnis Tionghoa yang sudah menetap di Pekalongan. Mereka juga turut andil dalam perkembangan trend busana pada masa lampau. Salah satu bentuk partisipasinya ialah dengan diciptakannya batik Liong. Dilihat dari sisi ornamen, motif batik Liong cenderung mengadopsi wujud makhluk imaginir seperti ular naga

3. Batik Semen


Batik semen merupakan motif batik klasik dari daerah Pekalongan. Penampilannya hampir sama dengan motif batik semen dari Jogja dan yang lebih terkenal dari daerah Solo, hanya saja motif Semen Pekalongan tidak terdapat unsur cecak dan lebih didominasi oleh gari-garis dekoratif. Ornamen pendukung umumnya berupa burung garuda atau tumbuhan tertentu. Filosofinya yaitu lambang burung garuda yang gagah perkasa yang mampu bertahan dalam kondisi apapun. Siapapun yang memakainya diharapkan memiliki keteguhan hati yang kuat.


4. Batik Encim


Kata encim sendiri berasal dari kata cici yaitu panggilan untuk kakak perempuan suku tiong hoa. Karena pergaulan dengan pribumi jawa kata cici ini berubah kata menjadi encim yang bisa di simpulkan bermakna perempuan cina. Batik encim sendiri mempunyai pengertian kain batik yang dipakai oleh perempuan tiong hoa yang kebanyakan berupa kain sarung, sebagai pasangan kebaya encim. Batik encim mempunyai ciri khas motif flora dengan warna cerah dan kaya warna.


0 komentar :

Posting Komentar