Selasa, 12 April 2016

#NgertiBatik Mengenal Batik Jepara

Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Setiap batik mempunyai corak dan ciri khas yang berbeda, ciri khas batik Jepara menggunakan gambar-gambar atau motif-motif ukiran khas Jepara. Berikut beberapa motif batik Jepara:

1. Batik Parang Poro



Nama Parang Poro yang memiliki sebuah makna penting serta singkatan yang berasal dari parang, yang ternyata tida hanya sekeradar mempunyai motif Jepara. Motif ini juga disusun miring dengan stilisasi ranting serta daun yang saling mengait. Makna yang terkandung pada motif batik Parang Poro tersebut yaitu hidup yang saling membutuhkan.
 
2. Batik Kembang Setaman
 

Motif kembang setama yaitu sebuah motif batik yang menghasilkan sebuah lukisan ulir dengan hiasan aneka bunga serta kupu-kupu. Didalam motif ini mencerminkan sebuah harmoni keindahan sebuah taman.
 
3. Batik Sido Arum




Sido Arum merupakan motif yang diilhami dari motif-motif klasik yang sudah ada seperti Sido Mukti, Sido Pangkat, dan semacamnya. Motif ini mengandung pesan agar derajat pangkat bermanfaat bagi kehidupan.

4. Batik Sekar Jagat Bumi Kartini
 


Motif ini terinspirasi dari motif Sekar Jagat yang sudah ada namun terdapat nuansa yang berbeda pada garis pembatasnya yang berupa stilisasi bunga melati. Harapan simboliknya, batik yang ada di Jepara ini aromanya akan menyebar ke seluruh penjuru negeri dan lebih dikenal di masyarakat.

5. Batik Lung-Lungan


Motif batik ini memiliki motif yang merupakan terjemahan dari berbagai relief ukiran khas Jepara, khususnya ukiran khas daerah Senenan.

0 komentar :

Posting Komentar